Perubahan Fisiologis Selama Masa Kehamilan

Perubahan Fisiologis Selama Masa Kehamilan

Perubahan Fisiologis Selama Masa Kehamilan

Pada dasarnya, wanita di dunia ini pasti akan mengalami masa dimana mereka akan menjadi seorang ibu. Dengan kata lain, wanita tersebut akan hamil dan akhirnya akan memiliki seorang anak. Ketika berbeicara mengenai kehamilan, pasti tidak akan terlepas dari perubahan fisik yang akan dialami oleh seorang ibu atau wanita yang sedang mengandung. Jika seorang wanita sedang hamil, maka wanita tersebut haruslah siap dengan perubahan fisiologis selama masa kehamilan.
Perubahan yang dialami wanita hamil biasanya akan membuat wanita tersebut tidak merasa nyaman dan tidak merasa percaya diri. Namun, semua itu akan terbayar jika sang jabang bayi sudah hadir didunia ini. Nah untuk mengetahui perubahan fisiologis apa saja yang dialami oleh wanita hamil, mari membahasnya secara lebih merinci.
Ada beberapa perubahan fisiologis selama masa kehamilan. Beberapa perubahan tersebut adalah sebagai berikut.

Perubahan Fisiologis Selama Masa Kehamilan

  • Rahim atau uterus. Pada masa kehamilan, rahim atau uterus akan semakin membesar. Hal ini dipengaruhi oleh adanya hormon estrogen dan progesterone yang kadarnya semakin meningkat karena adanya kehamilan. 
  • Vagina dan vulva. Karena terjadi kehamilan, maka akan ada hormon estrogen yang mengalami perubahan. Hal ini menyebabkan vagina dan vulva menjadi memerah. Terkadang juga terlihat kebiru-biruan. Serviks uteri. 
  • Serviks uteri juga mengalami perubahan fisiologis karena terpengaruh oleh hormon estrogen. Hal ini menyebabkan serviks uteri menjadi lebih lunak. 
  • Mamma. Mamma akan semakin membesar ketika seorang wanita sedang hamil. Hal ini terjadi karena adanya hormon estrogen, somatommotropin dan progesterone. 

Namun walaupun mamma semakin memebsar, mamma belum menghasilkan air susu. Nah itulah beberapa informasi mengenai perubahan fisiologis selama masa kehamilan yang akan dialami oleh wanita yang sedang hamil. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kehamilan agar nutrisi dan kesehatan sang jabang bayi akan tetap terjaga.
Saat menanti-nanti sang buah hati haidr didunia ini memang akan banyak memberi pelajaran hidup bagi para orang tuanya. Jagalah anak ataupun calon anak sebaik mungkin karena mereka adalah harta paling berharaga titipan dari Sang Pencipta.

Perubahan Fisiologis Selama Masa Kehamilan

Perubahan Fisiologis Selama Masa Kehamilan

Share This Post