Mengenal Penyakit Rematik dan Penyebab Rematik

Mengenal Penyakit Rematik Dan Penyebab Rematik

Mengenal Penyakit Rematik dan Penyebab Rematik

Artikal kali ini akan membahas seputar penyakit rematik dan juga penyebab rematik. Orang tua merupakan salah satu kelompok manusia yang sangat rentan terkena berbagai macam penyakit. Di usia-usia sekitar 40 ke atas orang akan sangat mudah terkena penyakit. Apalagi di zaman yang semakin maju dan modern seperti saat ini, penyakit pun semakin berkembang dan beragam macamnya. Oleh karena itu, sangat penting dan perlu diperhatikan bagi kita yang masih muda, untuk menjaga kesehatan sejak dini. Penyakit-penyakit yang sering datang di usia senja antara lain seperti osteoporis, pikun, pegal-pegal, dan atau bahkan penyakit-penyakit dalam yang berbahaya lainnya. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang-orang tua yaitu rematik. Ya, pastinya kita sudah tidak asing bukan dengan penyakit yang satu ini. Orang yang sudah tua memang salah satu target dari penyakit ini. Banyak orang yang mengabaikan penyakit rematik, tetapi penyakit ini pun dapat membahayakan.

Mengenal Penyakit Rematik Dan Penyebab Rematik

Penyakit rematik merupakan penyakit berbahaya jika sudah mencapai titik kronis. Ya, penyakit rematik dapat berujung pada kelumpuhan pada anggota gerak badan kita. Kaum perempuan merupakan kaum yang sangat rentan terkena penyakit ini. Apalagi kaum perempuan Yat sudah terkena rematik, lalu mereka hamil dan menyusui tentunya akan dapat memperburuk keadaan rematiknya. Penyakit rematik atau disebut rehumatoid arthritis (RA) adalah penyakit peradangan sendi kronis yang dapat disebabkan oleh gangguan autoimun. Nah, gangguan autoimun dapat terjadi saat sistem kekebalan tubuh kita yang berfungsi sebagai pertahanan untuk tubuh kita dimasukki oleh bakteri, virus, dan juga jamur. Itulah penyebab rematik secara simpelnya. Jika terus dibiarkan maka rematik ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada anggota gerak tubuh kita. Rematik dapat semakin parah jika cairan (mukus) mengalir sampai ke otak sendi dan struktur lainnya yang ada di dalam tubuh. Gejala penyakit rematik antara lain yaitu kaku-kaku pada anggota gerak tubuh kita seperti kaki dan tangan. Nah, keluhan pada anggota gerak tersebut diikuti oleh tiga tanda yaitu sendi menjadi bengkak, otot yang lemah, dan juga gangguan otak. Penderita rematik yang sudah berusia 60 tahun ke atas kurang lebih ada sekitar 90%.

Mengenal Penyakit Rematik Dan Penyebab Rematik

baca juga :

Mengenal Penyakit Rematik Dan Penyebab Rematik

Apa Sajakah Manfaat Buah Dan Sayur Bagi Kesehatan Tubuh ?

Jika usia kita sudah lebih dari 60 tahun lebih baik menghindari pekerjaan atau aktivitas yang terlalu berat. Nah, bagi penderita rematik yang tubuhnya besar atau gemuk pun lebih baik untuk mengurangi berat badannya. Lalu, seperti apa gejala pastinya penyakit rematik? Gejalanya antara lain yaitu nyeri yang sangat sakit, bengkak, kulit di atas sendi yang sakit akan berwarna merah atau kemerahan dan saat diraba atau dielus rasanya sangat panas. Rasa nyeri itu pun dapat terjadi pada menjelang pagi hari. Bagian-bagian yang sering nyeri di area kaki, pergelangan tangan, lutut, dan sebagainya. Itulah beberapa penyebab rematik dan juga gejalanya.

Mengenal Penyakit Rematik Dan Penyebab Rematik

Mengenal Penyakit Rematik Dan Penyebab Rematik
Mengenal Penyakit Rematik Dan Penyebab Rematik

Share This Post