Penyebab dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang Anyangan

Anyang-anyangan merupakan salah satu gangguan buang air kecil yang menyerang berbagai umur dari anak kecil hingga dewasa. Anyang-anyangan ditandai dengan adanya rasa ingin buang air kecil namun saat perasaan ini dituruti dengan berkemih maka air seni yang keluar hanya sedikit. Kemudian hal ini terjadi berulang kali dalam kurun waktu tertentu. Untuk mengobati sakit anyang anyangan ada berbagai cara, dari mulai cara ajaib yang telah lama dipercaya sehingga dianggap sebagai mitos hingga, cara tradisional hingga kedokteran. Bagi anda yang pernah mengalami gangguan ini tentu merasa bahwa anyang-anyangan sangat mengganggu dan ingin tahu bagaimana cara mengobatinya. Kali ini kita akan membahas cara mengobati gangguan buang air kecil yang satu ini.
Penyebab Dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang AnyanganSebelumnya kita akan sedikit mengulas tentang penyebab dari anyang-anyangan. Anyang-anyangan bisa terjadi karena berbagai hal. Yang pertama adalah karena kuman dan bakteri, adanya kuman dalam saluran kemih dapat menyebabkan anyang-anyangan maka usahakan untuk sellau menjaga kebersihan seluruh bagian tubuh yang berkaitan dengannya. Kedua adalah karena aergi. Penyebab ini umumnya terjadi pada pria yang anyang-anyangan. Biasanya dari hubungan seksual dimana pria alergi terhadap lendir atau cairan vagina dari pasangannya. Penyebab ketiga adalah tidak normalnya struktur intim misalnya adanya refluks urin yang lebih tinggi dibanding saluran kemih. Hal tersebut bisa meningkatkan hidrostatik dan akhirnya memunculkan infeksi saluran kemih. Masih banyak penyebab lain dari anyang-anyangan seperti karena diabetes, gagal ginjal, dehidrasi, kehamilan, uretra lebih pendek, alat KB, menopouse, dan lainnya.

Penyebab Dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang Anyangan

Kemudian berikut ini adalah beberapa cara mengobati sakit anyang anyangan.

  • Minum air seduhan kuis kucing. Kumis kucing memiliki khasiat untuk mengobati sakit anyang anyangan. Untuk mengobati dengan daun ini anda bisa menyeduh daun kumis kucing seperti menyeduh teh. Lalu tambahkan gula jawa dan anda bisa langsung meminumnya. Namun yang digunakan harus gula jawa, jangan gula pasir karena gula pasir bisa mengurangi khasiat kumis kucing.
  • Minum jeruk nipis dan gula pasir. Cara membuatnya adalah dengan mencampur perasan jeruk nipis dan gula pasir kemudian seduh dengan air hangat.
  • Gunakan antibiotik. Jika beberapa cara diatas adalah cara tradisional maka cara ini merupakan salah satu cara medis yang bisa anda lakukan. Anda bisa menggunakan antibiotik karena beberapa jenis antibiotik dipercaya dapat digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri penyabab infeksi saluran kemih.
  • Obat methenamine. Cara medis lainnya adalah menggunakan obat yang satu ini. obat methenamine digunakan unruk memproduksi formaldehid. Dimana formaldehid adalah zat yang tidak membuat resistensi urin di dalam kandung kemih meningkat.
  • Minum banyak air. Dari salah satu penyebab diatas yaitu bisa jadi karena dehidrasi maka anda bisa mengatasi anyang-anyangan dengan meminum banyak air putih.

Baca juga :

Penyebab Dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang Anyangan

Pahami Gejala Usus Buntu agar Tidak Sampai Operasi

Itulah beberapa cara mengobati sakit anyang anyangan yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa hindari penyebab anyang-anyanagn agar anda tidak kembali terkena gangguan buang air kecil yang satu ini.

Penyebab Dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang Anyangan

Penyebab Dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang Anyangan
Penyebab Dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang Anyangan
Penyebab Dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang Anyangan
Penyebab Dan Berbagai Cara Mengobati Sakit Anyang Anyangan

Share This Post