Konsep dan Pengertian Pendidikan Kesehatan

Konsep dan Pengertian Pendidikan Kesehatan

Dalam rancah pendidikan, tidak lantas pendidikan hanya berkutat pada mata pelajaran wajib yang diperoleh selama bersekolah, tetapi juga perlu meningkatkan pengetahuan dalam bidang pendidikan kesehatan yang menjadi salah satu poin penentu dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Pengertian pendidikan kesehatan ini merupakan salah satu upaya atau langkah yang diusahakan untuk dilakukan dalam rangka menciptakan perilaku masyarakat yang kondusif, khususnya dalam hal kesehatan, sehingga pendidikan keseahatan ini bertujuan untuk meningkatkan respon masyarakat untuk menyadari dan mengetahui bagaimana langkah-langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk memelihara kesehatan, mencegah hal-hal yang merugikan kesehatan, baik itu kesehatan pribadi maupun orang lain, serta memahami mengenai prosedur dalam menjalankan pengobatan ketika sakit, dan hal lainnya yang berkaitan dengan pemahaman mengenai tindakan preventif, kuratif, dan promotif, berkaitan dengan kesehatan.

Konsep Dan Pengertian Pendidikan Kesehatan

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk mencapai tingkat kesejahteraan manusia yang maksimal, selaras dengan pengertian pendidikan kesehatan berupa mampu mengupayakan perilaku kesehatan masyarakat yang responsif dan kondusif, terdapat beberapa tujuan pendidikan menurut Beyamin Bloom (1908) yang secara umum dapat digunakan untuk menggambarkan garis besar tujuan dari dilaksanakannya pendidikan ini, yaitu bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan tiga domain perilaku manusia, meliputi kognitif, afektif, dan psikomotor, yang berhubungan dengan respon atau sikap seseorang dalam menjalankan persepsinya terhadap suatu hal. Sementara itu, dalam teori pendidikan menurut Bloom, tiga domain perilaku manusia tadi dikembangkan menjadi teori untuk mengukur tingkat pemahaman seseorang terhadap suatu pendidikan atau pengetahuan yang baru diperoleh, yaitu:

Konsep Dan Pengertian Pendidikan Kesehatan

  • Pengetahuan, atau sering disebut sebagai kognitif, merupakan satu poin penting yang mampu membentuk tindakan seseorang dan merubah perilaku seseorang. Secara sederhana, apabila menggunakan perbandingan matematis, maka pengetahuan berbanding lurus dengan sikap seseorang. Pengetahuan ini mempunyai enam tingkatan menyesuaikan dengan tingkat di mana seseorang tersebut memperoleh informasi dan menyerap pengetahuan. Keenam tingkatan tersebut adalah tahu (know), memahami (comprehension), aplikasi (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), dan evaluasi (evaluation).
  • Sikap merupakan rekasi atau respon seseorang yang masih tertutup, atau belum dijalankan dan masih hanya berupa niatan, terhadap suatu stimulus atau obyek. Seperti pengetahuan, sikap mempunyai tingkatan, yaitu berupa menerima (receiving), merespon (responding), menghargai (valuing) dan bertanggung jawab (responsible).
  • Praktik merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang sebagai respon dari pemahaman yang diperoleh. Praktik sendiri mempunyai beberapa tingkatan yaitu persepsi (perception), respon terpimpin (guided response), mekanisme (mecanism), dan adopsi (adoption).

Selain pengertian pendidikan kesehatan, terdapat pula ruang lingkup pendidikan kesehatan yang dapat dilihat dari berbagai dimensi atau sudut pandang, menyesuaikan dengan pengamatnya. Dimensi pendidikan kesehatan ini berupa dimensi sasaran pendidikan kesehatan, tempat pelaksanaan pendidikan kesehatan, dan tingkat pelayanan pendidikan kesehatan yang kemudian dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu pendidikan kesehatan individual dengan sasaran individu, pendidikan kesehatan kelompok dengan sasaran kelompok, serta pendidikan kesehatan masyarakat dengan sasaran masyarakat.

Konsep Dan Pengertian Pendidikan Kesehatan

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kondisi kesehatan dan taraf hidup masyarakat yang lebih baik, terdapat beberapa dimensi tingkat pelayanan kesehatan, sesuai dengan pengertian pendidikan kesehatan, yang terbagi lagi menjadi lima tingkatan, yaitu

Konsep Dan Pengertian Pendidikan Kesehatan

  • Promosi kesehatan, berguna dalam kebersihan perorangan, perbaikan sanitasi lingkungan dan kebiasaan hidup sehat yang berkenaan dengan individu.
  • Perlindungan khusus, bertujuan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebiasaan hidup sehat.
  • Diagnosa dini dan pengobatan segera
  • Pembatasan cacat
  • Rehabilitasi

Baca juga : Tips Memilih Program Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan

Konsep Dan Pengertian Pendidikan Kesehatan

    Search by visitor:

    Konsep Dan Pengertian Pendidikan Kesehatan
    Konsep Dan Pengertian Pendidikan Kesehatan

    Share This Post