Nama virus yang menyerang manusia dan gejala yang ditimbulkan

Nama Virus Yang Menyerang Manusia Dan Gejala Yang Ditimbulkan

Nama virus yang menyerang manusia dan gejala yang ditimbulkan

Berbagai jenis nama virus yang sebaiknya kita ketahui untuk antisipasi seandainya kita mengalami salah satu penyakit dibawah ini suatu saat. Dengan pengetahuan sejak dini mengenai nama virus, gejala, dan cara mengobati maka diharapkan dapat sedikit membantu.

Nama Virus Yang Menyerang Manusia Dan Gejala Yang Ditimbulkan

  • 1. lnfluenza
  • Penyebab influenza adalah virus orthomyxovirus yang berbentuk seperti bola. Virus influenza ditularkan lewat udara dan masuk ke tubuh manusia melalui alat pernapasan. Virus influenza pada umumnya menyerang hanya pada sistem pernapasan. Terdapat tiga tipe serologi virus influenza, yaitu tipe A, B, dan C. Tipe A dapat menginfeksi manusia dan hewan, sedangkan B dan C hanya menginfeksi manusia. Gejala influenza adalah demam, sakit kepala, pegal linu otot, dan kehilangan nafsu makan, Orang yang terserang influenza biasanya akan sembuh dalam 3 sampai 7 hari. Penanggulangan virus ini telah diusahakan oleh beberapa ahli dengan pembuatan vaksin. pendekatan terbaru adalah dengan pemakaian mutan virus hidup vang dilemahkan untuk mendorong agar respon kekebalan tubuh meningkat. Pencegahan terhadap penyakit influenza adalah dengan menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kontak dengan penderita influenza.
  • 2. Campak
  • Campak disebabkan oleh virus paramyxovirus yang tidak rnengandung enzim neurominidase. Gejala campak adalah demam tinggi, batuk, dan rasa nyeri di seluruh tubuh. Di awal masa inkubasi, virus berlipat ganda di saluran pernapasan atas. Di akhir masa inkubasi, virus menuju darah dan beredar keseluruh bagian tubuh, terutama kulit. Gejala campak pada umunya adalah mata merah, hidung tersumbat, radang tenggorokan sampai demam. Gejala campak biasanya muncul 1 sampai 2 minggu setelah virus campak memasuki tubuh.
  • 3. Cacar air
  • Cacar air penyebabkan penderita mengalami tekanan psikologis terutama pada penampilan, karena penyakit ini bisa meninggalkan bekas di kulit apalagi di kulit wajah, maka sebaiknya kita waspada sejak dini akan dampak dari penyakit cacar air tersebut. Cacar air disebabkan oleh virus Herpesvirus varicellae. Virus ini mempunvai DNA ganda dan menyerang sel diploid manusia. Gejalanya berupa demam, flu, sakit kepala sampai berkurang nafsu makan.
  • 4. Hepatitis
  • Hepatitis (pembengkakan hati) disebabkan oleh virus hepatitis. Ada 3 macam virus hepatitis yaitu hepatitis A, B, dau C (non-A,non-B). Gejalanya adalah demam, mual, dan muntah, serta perubahan warna kulit dan selaput lendir menjadi kuning. Virus hepatitis A cenderung menimbulkan hepatitis akut, sedangkan virus hepatitis B cenderung menimbulkan hepatitis kronis. Penderita hepatitis B mempunyai risiko menderita kanker hati. Penyakit ini dapat rnenular melalui minuman yang terkontaminasi, transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril.
  • 5. Polio
  • Polio disebabkan oleh poliovirus. Serangan poliovirus menyebabkan lumpuh bila virus menginfeksi selaput otak (meninges) dan merusak sel saraf yang berhubungan dengan saraf tepi. Virus ini menyerang anak – anak berusia antara 1 – 5 tahun . virus polio dapat hidup di air selama berbulan – bulan, sehingga dapat menginfeksi melalui air yang diminum. Dalam keadaan beku virus ini dapat ditularkan lewat lingkungan yang buruk, melalui makanan dan minuman. penularan dapat terjadi melalui alat makan bahkan melalui ludah.
  • 6. Gondong
  • Penyakit gondong disebabkan oleh virus paramyxovirus dapat hidup dijaringan otak , selaput otak, pankreas, testis, kelenjar parotid dan radang di hati. Penyakit gondong ditandai dengan pembengkakan di kelenjar parotid pada leher di bawah daun telinga. penularannya terjadi melalui kontak langsung dengan penderita melalui ludah, urin dan muntahan.
  • 7. AIDS
  • AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah penurunan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus HIV adalah virus kompleks yang rnempunvai 2 molekul RNA di dalam intinya. Virus tersebut diduga kuat berasal dari virus kera afrika yang telah mengalami mutasi. Walaupun AIDS sangat mematikan, penularannya tidak semudah penularan virus lain. Virus HIV tidak ditularkan melalui kontak biasa seperti jabat tangan, pelukan, batuk, bersin, peralatan makan dan mandi, asalkan tidak ada luka di kulit. Virus HIV dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka di kulit atau selaput lendir. Penularannya dapat terjadi melalui hubungan seksual, transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Gejala awal ditandai oleh pembesaran nodus limfa. Penyakit yang umumnya diderita adalah pneumonia, diare, kanker, penurunan berat badan, dan gagal jantung. 

Baca juga : Inilah Cara Pengobatan Penyakit Campak

Nama Virus Yang Menyerang Manusia Dan Gejala Yang Ditimbulkan

    Nama Virus Yang Menyerang Manusia Dan Gejala Yang Ditimbulkan

    Search by visitor:

    Nama Virus Yang Menyerang Manusia Dan Gejala Yang Ditimbulkan
    Nama Virus Yang Menyerang Manusia Dan Gejala Yang Ditimbulkan
    Nama Virus Yang Menyerang Manusia Dan Gejala Yang Ditimbulkan

    Share This Post