Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

Nama penyakit tipes diambil dari bakteri salmonella typhosa atau salmonella paratyphosa yang merupakan penyebab penyakit tersebut. bakteri tersebut biasanya menyerang usus sehingga terjadi peradangan usus pada penderita tipes. Cara mengobati tipes bisa dilakukan dengan cara yang seerhana yaitu menjaga masukan makanan yang masuk kedalam tubuh selalu dalam keadaan yang bersih. Cara – cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati tipes akan dijelaskan setelah anda mengetahui penyebab penyakit tipes.
Sebelum anda mengetahui cara mengobati tipes, terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab penyakit tipes. Beberapa penyebab penyakit tipes adalah:

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

  • Sering jajan sembarangan, Penyebab utama dari penyakit tipes adalah mengonsumsi makanan yang tidak higenis. Makanan pinggir jalan yang terpapar polusi, tidak tertutup dengan rapat sehingga banyak di tempeli oleh debu – debu dan dihinggapi oleh lalat tanpa sepengetahuan kita, adalah makanan yang berpeluang tinggi mengandung bakteri salmonela typhosa. 
  • Kondisi badan yang tidak baik, Kondisi badan yang sedang  tidak baik akan membuat bakteri mudah masuk ke tubuh kita serta menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, menjaga kondisi tubuh dalam keadaan yang baik adalah hal wajib yang harus selalu kita lakukan setiap harinya.

    Setelah memahami penyebab penyakit tipes, gejala penyakit tipes juga harus di ketahui untuk menentukan cara mengobati tipes yang tepat. Gejala penyakit tipes bisa diklasifikasikan dalam beberapa gejala yang umum yaitu gejala pada minggu pertama dan gejala pada minggu – minggu berikutnya. Gejala penyakit tipes adalah:

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

1. Gejala pada minggu pertama
Pada minggu pertama, tidak ada gejala yang terlalu menonjol. Beberapa gejala yang muncul seperti demam yang mencapai 39 – 40 derajat celcius, pusing dan hilangnya nafsu makan yang kemudian membuat badan lesu adalah gejala yang seringkali dianggap sebagai gejala DBD. Padahal, semua gejala tersebut merupakan gejala penyakit tipes pada tahap awal.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

2. Gejala pada minggu kedua
Pada minggu kedua, gejala yang timbul pada mingu pertama akan semakin bertambah parah. Hilangnya nafsu makan akan membuat badan penderita semakin lesu, demam yang tidak kunjung turun dan diare yang semakin menjadi, serta perut yang semakin membuncit akan membuat penderita penyakit ini segera memeriksakan dirinya kedokter.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

3. Gejala pada minggu ketiga
Gejala pada minggu kedua akan semakin bertambah parah pada minggu ketiga. Pada minggu – minggu ini biasanya seseorang baru dapat diindikasikan terkena penyakit tipes.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

4. Gejala pada minggu keempat
Pada minggu keempat, semua gejala pada minggu pertama sampai minggu ketiga terlihat membaik bahkan menghilang. Akan tetapi pada masa inilah anda seharusnya berhati – hati karena justru pada minggu ini bakteri akan segera menyerang anda dari dalam. Oleh karena itu, janga ragu untuk memeriksakan diri kedokter ketika anda berada pada fase minggu keempat ini.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

Baca juga artikel ini : Fungsi Vitamin C Untuk Kesehatan

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Tipes/Tifus

Setelah mengetahui penyebab dan gejala penyakit tipes, maka selanjutnya anda haru mengethui cara mengobati tipes yang tepat. Cara mengobati penyakit tipes yang tepat adalah dengan memberikan antibiotik dan obat – obatan lainnya yang dianjurkan dokter. Selain itu adapula cara tradisional yaitu dengan perasan buah sawo muda yang diminum secara rutin, meminum air perasan timun, campuran kunyit daun pegagan dan daun sambiloto yang di rebus dan kemudian diminum secara rutin. Cacing tanah, tanaman daun biji beling juga bisa menjadi salah satu bahan obat tradisional untuk mengobati penyakit tipes. Sekian informasi mengenai cara mengobati tipes dengan cara tradisional yang bisa anda lakukan dirumah. Selamat mencoba!

Share This Post