Cara Mengobati Sakit Perut Kembung yang Baik

  • Sakit perut seperti kembung adalah penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. hampir dari yang kecil hingga yang dewasa, semuanya pernah mengalami sakit perut kembung. Biasanya sakit perut kembung muncul saat seseorang masuk angin. Dan biasanya cara mengobati sakit perut kembung tercepat yang diambil adalah dengan cara “kerokan” di bagian punggungnya. Alasannya adalah agar angin yang ada di dalam perut segera keluar.Pada dasarnya sakit perut kembung dapat dibagi menjadi dua macam, yakni kembung subjektif dan sakit kembung objektif.
  • Sakit perut kembung subjektif adalah sakit perut yang muncul karena adanya organ yang kembung, biasanya lambung. Sakit perut yang seperti ini biasanya tidak terlihat dari luar.
  • Sedangkan sakit perut kembung yang objektif adalah sakit perut yang disebabkan karena adanya udara yang berkumpul pada usus. Hal ini terjadi karena adanya gangguan dalam sistem gerak peristaltic usus, sehingga menyebabkan perjalanan udara menuju pembuangan melambat.

Kedua jenis ini terjadi karena adanya gangguan terhadap fungsi usus atau lambung sehingga proses pencernaan menjadi tidak stabil. Proses pengangkutan yang terlalu cepat akan menyebabkan diare, sedangkan proses pengangkutan yang terlalu lambat akan menyebabkan kembung, sendawa, dan sering buang gas. Dengan demikian yang perlu diketahui bukan hanya cara mengobati sakit perut kembung, melainkan mengetahui sumber masalah yang menyebabkan kembung. Apakah karena adanya luka pada lambung, atau luka pada usus, atau karena adanya penyumbatan pada saluran pencernaan.

Cara Mengobati Sakit Perut Kembung Yang Baik

Cara Mengobati Sakit Perut Kembung Yang Baik

Cara Mengobati Sakit Perut Kembung Yang Baik

Untuk mengatasi sakit perut kembung, ada beberapa langkah yang harus ditempuh, antara lain:

Cara Mengobati Sakit Perut Kembung Yang Baik

  • Pemeriksaan secara menyeluruh, Sebaiknya sebelum terlalu sering melakukan coba-coba terhadap berbagai cara mengobati sakit perut, perlu terlebih dahulu kita memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan menggunakan alat endoskopis. Dengan alat tersebut dapat diketahui kondisi saluran pencernaan kita dengan teliti, di bagian manakah yang sedang bermasalah. Apabila tidak ditemukan sumber masalah, artinya penyakit kembung yang dialami adalah efek kejiwaan kita yang sedang bermasalah
  • Pemeriksaan jiwa ke psikolog, Untuk menjawab tahap pertama yang gagal, dapat ditanyakan kepada psikolog untuk mengetahui persoalan utama yang menjadi sumber penyakit kita. Bisa jadi kita sedang mengalami stress berat sehingga kesehatan saluran pencernaan kita terganggu.
  • Memperbaiki pola makan dan pola istirahat, Sambil menunggu hasil pemeriksaan dari endoskopis, kita perlu memperbaiki pola makan dan pola istirahatnya. Bisa jadi kembung terjadi karena metabolism tubuh kita yang tidak stabil, sehingga menimbulkan ketegangan di organ-organ tertentu. Begitu juga pola istirahat juga perlu diperhatikan, jangan sampai kekurangan waktu istirahat, karena akan mudah sekali terserang masuk angin.
  • Memperbanyak olahraga, Olah raga adalah cara terbaik untuk menaikkan tingkat metabolism tubuh yang sedang menurun. Alat pencernaan akan terpacu untuk menyuplai kebutuhan energy tubuh, sehingga secara tidak langsung penyakit kembung dapat teratasi dengan baik.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung air, Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air adalah cara mengobati sakit perut kembung yang mudah dan tidak berbahaya untuk kesehatan. seperti bengkoang, mentimun, dan jeruk bali. Atau dengan meminum teh jahe atau jahe hangat.

Baca juga : Cara mengobati asam lambung

Cara Mengobati Sakit Perut Kembung Yang Baik
Cara Mengobati Sakit Perut Kembung Yang Baik
Cara Mengobati Sakit Perut Kembung Yang Baik
Cara Mengobati Sakit Perut Kembung Yang Baik

Share This Post