Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

Manfaat daun sirih – Daun sirih merupakan tenaman yang telah dikenal lama oleh masyarakat. Bahkan, daun sirih telah laa digunakan sebagai bahan untuk menyirih oleh para orang tua. Tidak hanya dahulu saja, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang menggunakan daun sirih untuk menyirih. Perlu Anda ketahui, saat ini terdapat tiga jenis daun sirih yang beredar di pasaran. Ada daun sirih hijau, daun sirih merah dan daun sirih hitam. Meskipun memiliki bentuk yang sama, fungsi masing-masing daun sirih sangatlah berbeda. Meskipun memiliki fungsi yang berbeda, daun sirih sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi melalui kegiatan menyirih. Anda memerlukan bahan lain untuk menyirih seperti kapur sirih, pinang, gambir, kapulaga dan daun sirih. Setelah itu gulung kesemua bahan dengan menggunakan daun sirih tersebut dan gosokkan ke area gigi Anda.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat yang sangat besar bagi kesehatan membuat masyarakat sengaja menanam daun sirih di area rumah mereka. Daun sirih yang mudah ditemukan di perumahan biasanya daun sirih merah dan daun sirih hijau saja. Selain mudah ditemukan sebagai bibit, kedua jenis daun sirih tersebut lazim digunakan sebagai bahan obat.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

 Untuk mengetahui perbedaan daun sirih beserta dengan manfaat daun sirih secara lengkap, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

1. Daun sirih hijau
Sesuai dengan namanya, daun sirih hijau memiliki warna daun yang hijau. Daun sirih hijau tumbuh berkembang dengan cara merambat kepada tumbuhan lain yang berada di sekitarnya. Di dalam daun sirih hijau mengandung minyak atsiri yang baik dalam mengatasi jamur. Tidak hanya itu, daun sirih hijau juga bermanfaat untuk mengatasi keputihan, mengatasi bau badan yang kurang sedap, sariawan, menghentikan pendarahan pada hidung, obat pengusir serangga dan menghilangkan bekas luka.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

2. Daun sirih merah
Jika daun sirih hijau identik dengan warna hijau, daun sirih merah tetap berwarna hijau. Perbedaannya adalah adanya warna merah pada guratan daun. Sama halnya dengan daun sirih hijau, daun sirih merah juga mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai obat anti jamur. Daun sirih merah dapat digunakan sebagai obat keputihan, sebagai obat diabetes, obat penghilang bau badan dan bau mulut.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Kedua jenis daun sirih memiliki bentuk dan manfaat yang hampir sama. Selain itu, cara mengolah kedua daun sirih sebagai obat pun juga sama. Jika akan dikonsumsi, Anda hanya perlu merebus air dengan tambahan daun sirih dan tunggu hingga air rebusan berkurang. Air yang tersisa nantinya dapat dikonsumsi sebagai obat herbal. Jika akan menggunakan daun sirih sebagai obat luar, Anda hanya perlu meletakkan daun sirih pada area yang lukan dengan mengkoyaknya terlebih dahulu. Itulah beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Baca juga : Manfaat daun sirsak untuk kanker serviks

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Share This Post