Definisi, Penyebab dan Jenis Penyakit Radang Sendi

Radang sendi adalah salah satu penyakit yang umum dirasakan terutama pada daerah sendi. Definisi, penyebab dan jenis penyakit radang sendi penting untuk diketahui agar kita semakin waspada akan penyakit ini. Penyakit ini menyebabkan sendi bengkak serta berubah kemerahan. Istilah medis untuk radang sendi adalah arthritis. Arthritis terbagi menjadi dua jenis yaitu osteoarthritis atau OA dan rheumatoid arthritis atau RA. OA umumnya menyebabkan tulang rawan pda sendi berubah keras, walau seharusnya permukaan tulang tersebut selalu licin supaya sendi bisa bergerak dengan leluasa. Sementara RA merupakan gangguan sistem pertahanan tubuh atau auto imun di mana penyakit ini menyerang sinovium seperti jari-jari tangan. Gejala radang sendi sendiri sangat bervariasi, antara lain rasa sakit di bagian sendi, sendi berubah kaku, bengkak dan merah pada sendi serta menurunnya rentang gerak sendi.

Definisi, Penyebab Dan Jenis Penyakit Radang Sendi

Definisi, Penyebab dan Jenis Penyakit Radang Sendi

Penyebab dan jenis penyakit radang sendi juga beragam. Beberapa penyebab radang sendi antara lain adalah sebagai berikut:
1. Osteoarthritis atau OA umumnya disebabkan karena adanya kerusakan dalam dan di sekitar wilayah sendi, di mana rusaknya sendi tersebut tidak bisa disembuhkan sendiri oleh tubuh. Penyebab pasti dari OA ini belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa faktor yang dianggap meningkatkan resiko atas keadaan ini. Beberapa di antaranya adalah infeksi sendi, cedera sendi, usia, obesitas serta adanya riwayat penyakit tertentu dalam keluarga.
2. Rheumatoid arthritis atau RA merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan dalam tubuh diketahui menyerang lapisan kapsul yang terdapat dalam sendi. Lapisan yang dikenal sebagai membran sinovial ini akan menjadi bengkak dan merah, sehingga tulang rawan menjadi rusak. Belum diketahui secara pasti apa yang sampai menyebabkan sistem ini menyebabkan penyakit radang sendi. Beberapa faktor yang dianggap mempengaruhinya adalah rokok, riwayat keluarga serta jenis kelamin wanita.

Definisi, Penyebab Dan Jenis Penyakit Radang Sendi

Jenis-jenis penyakit radang sendi pun terdapat beberapa macam, tak sekedar OA dan RA saja. Berikut adalah beberapa jenis penyebab radang sendi.

Definisi, Penyebab Dan Jenis Penyakit Radang Sendi

  1. Pertama ada gout, radang sendi yang diakibatkan oleh banyaknya asam urat di dalam tubuh. Asam urat ini dapat mengakibatkan radang sendi yang menyerang pada bagian pergelangan kaki, jempol kaki dan sendi lainnya.
  2. Kedua adalah ankulosing spondylitis. Radang ini merupakan radang kronis yang turut mempengaruhi tulang serta otot ligamen pada tulang belakang. Masalah yang dapat terjadi pada radang sendi jenis ini adalah pembengkakan pada tendon, sendi besar serta mata.
  3. Penyebab dan jenis penyakit radang sendi selanjutnya adalah serviks spondylosis. Radang sendi ini mempengaruhi bagian sendi di tulang leher serta menyebabkan kekakuan.
  4. Ada pula jenis fibromyalgia dengan ciri-ciri rasa nyeri di hampir seluruh tubuh termasuk otot, tendon dan ligamen.

Pengobatan untuk radang sendi yang umum dilakukan antara lain adalah dengan menggunakan obat khusus radang sendi seperti analgesik atau anti nyeri dan counterirritants. Obat-obatan ini bisa berbentuk rkim, salep atau kapsul minum. Obat lain yang biasa digunakan untuk mengurangi radang sendi adalah anti rematik atau DMARDs dengan tujuan untuk memperlambat sistem kekebalan tubuh agar tak menyerang sendi. Jika obat-obatan tak kunjung membuahkan hasil, akan dilakukan tindak fisioterapi hingga operasi sendi. Demikian definisi, penyebab dan jenis penyakit radang sendi serta cara pengobatannya. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh serta mendapat penanganan yang cepat dan tepat ketika terkena penyakit tertentu.
Baca juga : Cara menghilangkan racun pada tubuh

Definisi, Penyebab Dan Jenis Penyakit Radang Sendi

Definisi, Penyebab Dan Jenis Penyakit Radang Sendi
Definisi, Penyebab Dan Jenis Penyakit Radang Sendi

Share This Post