Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang

Patah tulang atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut fracture merupakan sebuah kondisi di mana terjadi diskontinuitas tulang di mana biasanya penyebabnya adalah trauma. Patang tulang identik dengan pendarahan serta luka pada periosteal atau endosteal. Penyembuhan patah tulang sebagai usaha dalam menyambungkan kembali tulang yang patah merupakan suatu proses alami serta secara otomatis terjadi setelah tulang menjadi patah. Namun, penyembuhan serta pengobatan patah tulang ini membutuhkan waktu yang tak sedikit serta tahapan yang panjang. Penyembuhan tulang yang patah sendiri merupakan proses pemulihan stabilitas tulang serta kontinuitas dan kemampuan tulang dalam menopang beban tubuh secara normal. Proses penyembuhan dan pengobatannya harus dipantau menggunakan X-ray secara berkala.

Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang

Tahap-tahap pengobatan patah tulang ini umumnya sama bagi semua jenis fraktur atau patah tulang, di mana tulang baru akan terbentuk dan mengisi daerah yang retak atau celah pada patahan tulang.

Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang

  1. Tahap pertama dimulai dengan adanya peradangan atau inflamation. Pada tahap ini, tulang yang patah akan menimbulkan pendarahan, bengkak serta memerah yang jika teraba akan terasa sakit. Tahap inflamation akan terjadi hingga dua sampai tiga minggu sejak patah tulang terjadi.
  2. Kedua, ada tahap pembentukan soft callus. Tahap ini terjadi ketika rasa sakit mulai berkurang dan penyembuhan sudah mulai terjadi. Kalus halus akan mulai terbentuk pada ujung tulang patah dan menjadi cikal bakal penyambungan tulang. Lamanya tahap ini antara 4 hingga 8 minggu.
  3. Setelah pembentukan soft callus, berikutnya adalah hard callus. Pada tahap ini, sudah mulai terbentuk tulang baru dan bisa terlihat melalui X-ray. Waktu yang dibutuhkan antara 8 sampai 12 minggu.
  4. Tahap terakhir ialah remodelling tulang. Tahap perbaikan serta perombakan tulang ini dapat memakan waktu hingga beberapa tahun dengan tingkat yang berbeda pada setiap orang tergantung dari beberapa faktor seperti usia, jenis fraktur, kesehatan dan lain-lain.

 

Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang

Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang

Penyembuhan ini harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti suplay darah utuh di mana fragmen tulang dapat mensuplai darah, immobilitas di mana tulang yang patah tidak boleh bergerak dan tidak ditemukan adanya infeksi pada tulang. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan untuk tiap jenis patah tulang akan berbeda-beda. Tulang jari membutuhkan waktu setidaknya 3 minggu untuk sembuh. Sementara tulang telapak tangan atau metacarpals membutuhkan waktu 4 sampai 6 minggu. Tulang lengan bawah yang patah membutuhkan waktu hingga 8 minggu untuk sembuh. Sementara pengobatan patah tulang pada femoralis neck atau tulang leher membutuhkan waktu sekitar 12 minggu. Tulang paha bagian poros atau femoral shaft membutuhkan waktu penyembuhan hingga 12 minggu sementara tibia dan fibula atau tulang tungkai bawah serta tulang kering butuh waktu 10 minggu untuk sembuh.

Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang

Proses pengobatan patah tulang umumnya tidak akan menyebabkan masalah. Akan tetapi karena fraktur hampir selalu sebagai akibat dari cedera, maka beberapa masalah dalam penyembuhan bisa mengikuti prosesnya. Di antaranya ialah sindrom kompartemen yaitu pembengkakan parah yang bisa menyebabkan terhambatnya suplai darah dan otot di sekitar fraktur menjadi mati. Cedera neovaskular juga dapat terjadi yakni masalah yang berhubungan dengan saraf di sekitar fraktur. Masalah lainnya termasuk infeksi dan penyambungan yang tertunda. Pada beberapa kasus, fraktur bisa gagal menyambung kembali sehingga dibutuhkan operasi atau tulang yang tersambung menjadi salah dan tidak sebagaimana mestinya. Untuk menghindari berbagai masalah ini, dibutuhkan konsultasi pada dokter ahli tulang.

Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang

Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang
Tahap-tahap Pengobatan Patah Tulang

Share This Post