Berbagai Obat Herbal Rematik

Rematik merupakan penyakit radang sendi yang umum ditemukan pada orang dewasa hingga usia tua. Adanya gangguan auto imun sebagai akibat dari faktor usida hingga faktor genetik menjadi penyebab dari penyakit ini. Gejala rematik sendiri meliputi adanya rasa sakit pada sendi, bunyi berderak pada sendi, sendi menjadi bengkak dan susah untuk digerakkan serta beberapa gejala lain yang menyertainya. Rematik harus segera ditangani karena penyakit ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti susah berjalan atau bahkan sulit untuk berdiri. Berbagai macam obat bisa digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan rematik, baik obat dokter maupun obat herbal rematik. Obat herbal yang lebih murah dan mudah untuk didapatkan bisa dijadikan alternatif atau pengobatan pertama sebelum berkonsultasi pada dokter.
Berbagai Obat Herbal Rematik
Beberapa obat herbal rematik berikut ini termasuk mudah ditemukan di sekitar kita. Menjadikan mereka sebagai pengobatan pertama akan sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit pada sendi.

 

Berbagai Obat Herbal Rematik

  1. Pertama ada jahe. Kandungan bahan alami di dalamnya bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat rematik pada persendian. Dalam jahe juga terdapat fitonutrien yang dapat memberikan efek kesegaran pada tubuh. Di dalam jahe juga terdapat zat anti inflamasi yang dapat meredakan rasa sakit.
  2. Kedua adalah buah nanas. Buah ini mengandung zat bromelain di mana fungsinya ialah sebagai enzim serta dapat berubah sebagai protein. Buah nanas sangat efektif dalam mengurangi radang dan rasa sakit akibat osteoarthritis. Konsumsi buah nanas secara berkala akan mampu mengobati rematik.
  3. Buah lainnya yang bisa dikonsumsi sebagai obat herbal dari rematik adalah jeruk. Dalam jeruk terkandung antioksidan yang akan membantu melawan radikal bebas serta mengurangi rasa sakit terutama pada persendian.

 

Berbagai Obat Herbal Rematik

Di samping bahan-bahan di atas, obat herbal rematik lainnya termasuk minyak zaitun atau olive oil. Di dalam olive oil terdapat lemak tak jenuh sehingga akan memberikan senyawa bernama oleocanthal yang dapat mencegah adanya peradangan di sendi. Selain minyak zaitun, masih ada lagi buah yang bagus dikonsumsi penderita rematik yaitu apel. Buah ini memiliki kandungan boron berupa mineral yang akan mmebantu mengatasi serta mengurangi rasa sakit pada persendian. Ramuan tradisional yang bisa diracik sendiri sebagai obat herbal di antaranya adalah daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan vitamin A serta vitamin C yang tinggi dan bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Daun ini juga bisa mengurangi rasa sakit pada bagian persendian. Cara membuatnya adalah dengan merebus beberapa lembar daun salam kemudian dibiarkan sampai dingin dan diminum airnya tiap hari.
Meredakan nyeri pada penderita rematik juga bisa dilakukan dengan menggunakan bunga rosela. Di dalam bunga rosela terdapat protein esensial termasuk vitamin C serta asam amino yang berfungsi sebagai peremajaan sel tubuh. Cara membuatnya pun sederhana. Siapkan lima kelopak rosella kering yang sudah dicuci, lalu seduh menggunakan air panas. Jika suka bisa ditambahkan madu supaya rasanya manis. Ramuan ini bisa dikonsumsi selama satu bulan sampai khasiatnya terasa. Obat herbal rematik selanjutnya yang bisa digunakan adalah daun seledri. Dalam seledri terdapat klorin, inositol, sulfur, potasium, folat,vitamin A dan vitamin B1 yang baik untuk mengatasi nyeri pada sendi. Meracik ramuan obat rematik menggunakan seledri ini adalah dengan cara merebus dua gram biji seledri dalam seratus mililiter air sampai mendidih, kemudian saring airnya dan konsumsi rutin tiap hari.

Baca juga : PENYEBAB DAN GEJALA REMATIK

Berbagai Obat Herbal Rematik
Berbagai Obat Herbal Rematik
Berbagai Obat Herbal Rematik
Berbagai Obat Herbal Rematik
Berbagai Obat Herbal Rematik

Share This Post