Beberapa Manfaat dan Keuntungan Donor Darah

Donor darah adalah kegiatan mendonorkan atau memberikan darah kepada yang membutuhkan seperti korban kecelakaan maupun pengidap penyakit tertentu (hemophilia, leukemia, dll). Donor darah biasanya dimulai dengan pemeriksaan golongan darah terlebih dahulu serta checkup kesehatan. Seperti yang kita ketahui, donor darah merupakan kegiatan yang mulia karena bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

Beberapa Manfaat Dan Keuntungan Donor Darah

Beberapa Manfaat dan Keuntungan Donor Darah

Coba bayangkan jika ada korban kecelakaan yang tiba-tiba membutuhkan transfusi darah karena mengalami pendarahan hebat. Jika darah kita cocok, maka korban kecelakaan itu bisa terselamatkan karena kita telah menyumbangkan darah kepada korban tersebut. Donor darah dengan demikian merupakan kegiatan sosial yang berniai tinggi karena meski tampak sepele, bisa menyelamatkan ribuan nyawa yang membutuhkan. Ada beberapa manfaat dan keuntungan donor darah, baik dari sisi penerima maupun pendonor. Berikut adalah ulasannya.

Keuntungan bagi penerima donor darah
Manfaat dan keuntungan donor darah yang pasti bagi penerima donor darah adalah nyawanya terselamatkan. Baik itu korban kecelakaan, penderita penyakit tertentu, dan penderita yang menjalani operasi besar membutuhkan transfusi darah. Sehingga jika mendapatkan donor darah maka transfusi bisa dilakukan dengan aman.

Beberapa Manfaat Dan Keuntungan Donor Darah

Keuntungan bagi pendonor
Manfaat dan keuntungan donor darah bagi pendonor cukup banyak antara lain:

Beberapa Manfaat Dan Keuntungan Donor Darah

1. Pemeriksaan kesehatan rutin.
Karena sebelum mendonorkan darah pendonor harus diperiksa darahnya terlebih dahulu, maka dengan demikian pendonor mendapatkan checkup gratis. Yang biasanya diperiksa adalah berat badan, frekuensi nadi, kadar hemoglobin, dan tekanan darah.

Beberapa Manfaat Dan Keuntungan Donor Darah

2. Meminimalisir serangan jantung.
Donor darah dapat mengurangi level zat besi atau iron dalam tubuh. Jika zat besi berkurang maka resiko terkena penyakit jantung pun semakin kecil. Sementara kadar zat besi yang tinggi meningkatkan potensi kardiovaskular karena iron meningkatkan oksidasi kolesterol.

Beberapa Manfaat Dan Keuntungan Donor Darah

3. Memperbarui sel darah.
Tubuh akan langsung menggantikan darah setelah didonorkan dalam waktu 48 jam. Sel-sel darah merah akan hilang dan diganti dalam waktu 4-8 minggu, sehingga yang ada adalah sel-sel darah merah yang baru. Proses pembuatan sel darah merah baru sendiri dapat membantu tubuh sehat dan menjaga metabolisme agar lebih produktif.

Beberapa Manfaat Dan Keuntungan Donor Darah

4. Membakar kalori.
Manfaat dan keuntungan donor darah yang selanjutnya adalah membakar kalori. Menyumbangkan 1 pint darah (500 ml) dapat membakar 650 kalori. Pendonor yang rutin menyumbangkan darah tentunya bisa mendapatkan diet gratis karena kehilangan sejumlah besar berat badan. Yang perlu diperhatikan adalah mendonorkan darah hanya bisa satu kali dalam kurun waktu 4 bulan.

Beberapa Manfaat Dan Keuntungan Donor Darah

5. Meminimalisir resiko kanker.
Mengejutkannya, ternyata donor darah bisa mengurangi resiko terkena kanker. Donor darah yang dilakukan cukup rutin bisa meminimalisir kanker antara lain kanker hati, kanker usus besar, kanker lambung, tenggorokan dan paru-paru. Resiko semakin menurun seiring seberapa seringnya pendonor melakukan donor darah.

6. Meminimalisir resiko hemochromatosis.
Hemochromatosis merupakan sebuah kondisi dimana tubuh menyerap terlalu banyak zat besi. Penyakit ini bisa menurun dan disebabkan oleh anemia, alkoholisme, dan sebagainya. Karena donor darah bisa mengurangi level zat besi dalam tubuh maka penyakit hemochromatosis bisa diminimalisir dengan melakukan donor darah. Namun, perlu diperhatikan juga kelayakan pendonor.

7. Mendapatkan pemeriksaan penyakit.
Penyakit yang berhubungan dengan darah seringkali sulit untuk dideteksi karena gejala-gejala tertentu biasanya tersembunyi. Pada saat sebelum mendonorkan darah, darah akan diuji di laboratorium untuk kemudian dianalisis apakah darah bersih atau mengandung penyakit semacam sifilis, hepatitis, HIV, dan penyakit darah lainnya. Pemeriksaan ini gratis, sehingga jika ada apa-apa anda bisa langsung menanganinya.

Share This Post