Kandungan dan Manfaat Susu Kedelai Soya

Susu merupakan minuman yang terkenal dapat menyehatkan tubuh dengan berbagai macam kandungan didalamnya. Susu yang baik diminum tentu saja adalah susu murni. Jika susu sapi murni sudah cukup terkenal memberikan khasiat bagi tubuh kita,kali ini akan dibahas manfaat dan khasiat susu kedelai soya. Susu kedelai atau yang biasa disebut soymilk adalah susu yang bisa menggantikan peranan susu sapi murni. Di Indonesia sendiri, susu kedelai atau susu kacang ini sudah terkenal. Ini karena kacang kedelai mudah dijumpai di wilayah Indonesia. Rasanya enak dan hampir sama seperti susu biasanya. Selain itu, susu kedelai tentunya memiliki kandungan yang sangat penting bagi tubuh.
Kandungan dan Manfaat Susu Kedelai Soya
Kandungan Susu Kedelai
Susu kedelai soya mengandung komponen yang penting bagi kesehatan tubuh. Komponen itu antara lain adalah serat yang berfungsi melancarkan pencernaan, karbohidrat dan asam lemak esensial yang memberi kekuatan pada tubuh, serta vitamin E&K. Susu kedelai juga mengandung protein yang sangat tinggi. Ada 9 macam asam amino didalam susu kedelai. Asam amino dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi protein baru dan antibody yang berfungsi memberi kekebalan dan sistem imun tubuh. Asam amino bahkan dapat membantu sel-sel dalam tubuh menghasilkan energi.
Susu kedelai soya juga mengandung vitamin dan mineral antara lain, zat besi, kalsium, riboflavin, dan vitamin B12. Vitamin-vitamin tersebut sangat baik bagi metabolisme tubuh.
Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai
  1. Susu kedelai soya memiliki beberapa manfaat. Manfaat yang pertama adalah sebagai pengganti dari susu sapi. Mengganti susu sapi dengan susu kedelai biasanya merupakan langkah yang bijak pada balita karena beberapa balita memiliki pencernaan yang kurang bisa menerima laktosa pada susu sapi. Susu kedelai dapat menggantikan peran susu sapi karena memiliki protein yang cukup tinggi.
  2. Susu kedelai dapat mengontrol darah tinggi. Vitamin E, asam folat serta B6 mencegah adanya penyakit jantung dan magnesium dapat mengurangi resiko darah tinggi. Kandungan lemak tak jenuh dan jenuh di dalam susu kedelai dapat meminimalisir darah tinggi.
  3. Meminimalisir kolesterol dalam darah. Susu kedelai memiliki antioksidan didalam isoflafon yang mampu menyehatkan jantung, dan lesitin dapat menurunkan kolesterol jahat didalam darah.
  4. Susu kedelai dapat mengurangi penyakit diabetes. Penderita diabetes dapat mengkonsumsi susu kedelai karena mengandung protein nabati yang lebih mudah dicerna. Magnesium dan vitamin D didalamnya dapat berguna untuk menjaga kadar gula dalam darah.
  5. Meminimalisir tingkat osteoporosis. Osteoporosis bisa terjadi karena seseorang bertambah usia ataupun kekurangan hormon dalam tubuh. Untuk mencegah penyakit osteoporosis datang, meminum susu kedelai adalah cara yang ampuh. Fitoestrogen adalah kandungan dalam susu kedelai yang dapat mempercepat penyerapan kandungan kalsium di dalam tubuh dan menguatkan tulang.
  6. Susu kedelai untuk kesehatan jantung. Susu kedelai memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Karena tinggi protein, susu kedelai sangat baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi, kolesterol, dan sangat baik untuk jantung. Ini juga sangat baik untuk diet yang memusatkan diri pada kandungan lemak jenuh yang rendah.
  7. Susu kedelai juga sangat baik untuk menyehatkan mental dan cocok untuk autisme.Vitamin B6, magnesium, dan beberapa zat gizi mikro dapat membantu berkurangnya tingkat stress dan depresi serta menangkan anak dengan autisme. Vitamin B6 akan membantu tubuh menghasilkan serotonin yang dapat baik bagi suasana hati dan magnesium bermanfaat sebagai obat antidepresan alami.

 

Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai Soya

Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai Soya
Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai Soya
Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai Soya
Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai Soya
Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai Soya

Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai Soya

Share This Post