Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan

Pengertian dari mimisan adalah pendarahan yang diakibatkan terlepasnya mukosa yang mengandung pembuluh kecil yang keluar melalui hidung.Mimisan bisa juga disebut episteksin. Biasanya orang yang mimisan akan membuat orang disekitarnya panik, namun seharusnya tidak perlu khawatir, dan langkah yang paling benar adalah mencari penyebab dan cara mengatasi mimisan. Ada beberapa hal yang harus diwaspadai jika anda atau orang yang ada disekitar anda mengalami mimisan dengan gejala sebagai berikut, yaitu mimisan dengan volume darah yang banyak, mamas an lebih deari 30 menit tanpa berhenti, sering memesan minimal lebih dari 1 kali dalam seminggu, detak jantung tidak stabil, nafas yang tidak teratur, mimisan dengan disertai pendarahan pada bagian lain, mimisan yang terjadi setelah cidera, kulit berubah pucat, muntah darah disebabkan menelan banyak darah. Jika terjadi hal hal disamping, maka segera dibawa kerumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.
Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan


Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan

Faktor Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan
Faktor penyebab terjadinya mimisan banyak sekali, diantaranya faktor  keturunan, penggunaan obat yang berlebihan, serta penyakit tertentu. Yang mengalami mimisan biasanya terjadi pada anak anak, wanita hamil, dan lansia. Penyebab dan cara mengatasi mimisan harus segera dilakukan, sedangkan penyebab lain mimisan antara lain adalah :
1. Alergi
Pembuluh kapiler akan terbuka sehingga menyebabkan mimisan, hal ini terjadi jika mengalami alergi.
2. Cuaca
Cuaca yang terlalu dingin ataupun cuaca yang terlalu panas akan menyebabkan bagian dalam hidung kering, sehingga kelembaban pada hidung tidak seimbang dan menyebabkan iritasi hingga mengeluarkan darah yang biasa dikenal dengan mimisan.
3. Kelalaian diri sendiri
Kelalaian yang dimaksud adalah kesalahan yang tidak sengaja ketika anda mengorek hidung terlalu keras dan dalam hingga menyebabkan darah keluar dari hidung.Ketika anda terserang flu, dan membuang ingus secara keras dan kasar juga bisa menyebabkan mimisan.
4. Penggunaan obat obatan
Bagi anda yang mimisan dan terbiasa menggunakan obat hal ini bisa menyebabkan hidung anda mengalami pendarahan.Contoh obat obatan yang dapat memicu adalah aspirin, antikoagulan, atau obat pelega hidung.Selain obat obatan diatas, penggunaan obat terlarang seperti kokain juga mampu memicu mimisan.
5. Tumor
Tumor ini terletak dirongga hidung, biasanya terjadi pada anak anak.Bentuk tumor ini seperti biji nangka yang berwarna merah keputihan yang terletak dihidung.
6. Gejala penyakit tertentu
Mimisan juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang sedang mengalami penyakit tertentu, seperti leukemia.Oleh karena itu jika ada orang yang mimisan disertai dengan muntah darah segera dibawa kerumah sakit.
Cara Mengatasi Mimisan Dengan Benar
Ketika anda mimisan atau orang yang ada disekitar anda mimisan maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Jika panik maka anda tidak akan bisa membantu orang yang ada disamping anda. berikut ini cara cara membantu orang yang mengalami mimisan, tegakkan badan orang yang mimisan, jangan sampai telentang atau berbaring, kemudian bungkukkan sedikit condong kedepan, pastikan orang yang mimisan bernafas lewat mulut, darah yang mengalir dimulut segera bersihkan karena dapat menyebabkan muntah, tekan hidung selama lima menit, kompres dengan air dingin pada bagian pangkal hidung, jika darah masih keluar maka segera tekan hidung lagi supaya mampet selama 10 menit, jika darah masih tetap keluar maka segera bawa ke rumah sakit atau dokter praktik terdekat. Demikian cara mengetahui penyebab mimisan dan cara mengatasi mimisan yang bisa menjadi panduan anda.

Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan
Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan
Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan
Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan
Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan

Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan

Share This Post