Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan

Manfaat bayam merah untuk kesehatan. Pokok bayam merah adalah tumbuhan darii keluarga marantachea. nama saintifiknya adala Amarantachea Gangeticus. nama Inggris nya adalah Red Spinach. tumbuhan ini adlaah pokok berbunga tahunan yang mempunyai bunga ungu gelap. Tumbuhan ini berasal dari Ameirikaa tropik dan mudah tumbuh dan tersebar di daerah yang tropis dan subtropis di seluruh dunia. Di indonesia sendiri bayam dapat tumbuh setaip tahun, dan tumbuh didaerah panas maupun dingin di Indonesia, namun tumbuh lebih subur didaerah rendah pada lahan terbukayang udaranya agak panas. Bayam sendiri memiliki 3 varian yaitu bayam hijau biasa, bayam merah (baitum rubrum) yang batang dan daunnya berwarna merah dan bayam putih (Baitum album), yang daun dan baangnya berwarna hijau keputih – putihan. Namun ada juga bayam jenis lain misalnya bayam duri, bayam kakap, baya kotok atau tahah.
Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan
Kandungan bayam mearh dan manfaat bayam merah
 
Bayam selain digunakan sebagai sayuran, bayam sendiri memiliki banyak manfaat dan khasiat, termasuk baya merah. Bayam jenis ini memiliki ciri – ciri, tinggi batang 0.4 – 1 meter dan bercabang, batang lemah dan berair, daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, panjang 5 – 8 cm, ujung tumpul pangkal runcung dan memiliki warna merah. Bayam merah sendiri memiliki kandungan –   kandungan ysebagai berikut. Bayam merah sendiri memiliki banyak protein, lemak, karohidrat, kalium,zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin A,B,C.
Dari kandungan yang ada di atas, tentunya bayam merah ini memiliki banyak khasiat dan manfaat, dan berikut ini beberapa manfaat bayam merah yang mungkin harus anda ketahui. Secara umum manfaat bayam merah adalah meningkatkan kerja ginjal dan mlancarkan pencernaan. Akar dari bayam merah sendiri berkhasiat sebagai onbat disentri Bayam adalah salah satu dayuran yang sayuran yang memiliki serat tinggi dan tentunya sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Makanan berserat tinggi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki kanker usus besar, penderita kencing manis, kolesterol, darah tinggi, dan menurunnya berat badan. Bagian yang haurs banayk dikonsumsi adalah bagian daun dan akarnya. Daun bayam digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin bagi ibu melahirkan, memperkuat akar rambut, tekanan darah rendah, kurang darah atau anemia dan juga gagal ginjal. akar digunakan untuk disentri.
Cara mengolah bayam merah
 
Manfaat bayam merah bisa sebagai obat ataupun secara umum.  Jika digunakan untuk obat, bayam merah ini bisa dijadikan miuman, carannya adalah, sediakan 25 – 30 gram daun segar, lalu rebus tersebut, atuajuga bisa dijadikan jus untuk diminum. untuk pemakaian luar, giling daun bayam sampai halus, lalu tempelkan ke bgian luka akibat gigitan binatang berbisa. Namun jika anda ingin mengkonsumsi secara umum berikut caranya.
  1. Meningkatkan kerja ginjal dan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, untuk masalah tersebut bayam merah sendiri bisa dikonsumsi sebagai sayuran yaitu dimasak dala bentuk sayuran.
  2. Kurang darah. Cuci tga genggam bayam merah, lelu tumbuk sampai halus, tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis lalu saring.
  3. Disentri, cucui 10 batang akar bayam merah sampai bersih lalu tumbuk sampai hakus. tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata, lalu saring.
  4. Memperkuat akar rambut,  Cucui satu ikat daun bayam merah dan batang bayam merah segar sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. tambauhkan gara, dan tumbuk sampai halus, lakukan 2 – 3 ali seminggu
Demikain manfaat bayam merah dan cara membuat ramuannya yang bisa kami bagikan, semoga kita bisa hidup lebih sehat, dan semoga bermanfaat.

Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan
Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan
Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan
Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan

Share This Post